Upaya Diversifikasi Konstruksi Beton untuk Jenis Perkerasan Kaku di Atas Tanah Gambut
Abstrak
Abstrak: Gamtos adalah suatu konstruksi alternatif dengan memanfaatkan tanah lokal yaitu
Gambut menjadi bagian struktur dari perkerasan jalan tersebut dengan cara menambahkan
Matos sebagai bahan stabilisatasinya. Matos® ditambahkan pada tanah gambut dengan
perbandingan 1 kg/m3 berdasarkan kadar air optimum pada tanah untuk kemudian
ditambahkan semen 5- 25% dari berat tanah. Kemudian diuji sifat mekanisnya yaitu
Unconfined Compressive Strength (UCS) tanah, yang hasilnya akan diaplikasilkan dalam
pelaksanaan sebuah jalan lingkungan untuk selanjutnya dihitung biaya bahan dan pelaksanaan
pekerjaannya, dan kemudian dianalisa perbandingan biaya pekerjaan Gamtos dengan
pekerjaan Beton. Dari hasil penelitian ternyata penambahan prosentase Matos® terhadap
tanah gambut terbesar adalah pada 12% yaitu menghasilkan nilai CBR sebesar 3,75%,
sedangkan penambahan prosentase Matos® 3% dan semen 8% menghasilkan nilai CBR
6,4%, penambahan prosentase 6% dan semen 8% menghasilkan nilai CBR 7,4% dan
penambahan prosentase Matos® 9% dan semen 8% menghasilkan nilai CBR 8%. Untuk
anggaran biaya yang diperlukan per m2 untuk masing masing campuran yang paling ekonomis
adalah dengan campuran Matos® 3% penambahan semen 8% yaitu sebesar Rp13.800,00.
Kata kunci: CBR, Gamtos, perkerasan jalan