Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar

  • Dedi Setiawan Universitas Nurtanio Bandung
  • Nurmala Nurmala Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Persepsi Mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan variabel tunggal, yaitu Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL) yang melibatkan tujuh dimensi atau sub-variabel yang terdiri atas: (1) interaksi mahasiswa dan dosen, (2) motivasi atau minat belajar mahasiswa, (3) kompetensi pemahaman materi kuliah, (4) berpikir  kritis, (5) kompetensi manajemen waktu, (6) kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik mata kuliah, dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan utama penelitian adalah mengetahui persepsi mahasiswa tentang penerapan model PjBL pada mata kuliah Manajemen Proyek.

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 54 mahasiswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya berdasarkan pendekatan logik dan empirik. Reliabilitas kuesioner diuji berdasarkan teknik koefisien Cronbach’s Alpha dengan hasil sebesar 0.953. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif berdasarkan pendekatan statistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS 22.0.

Hasil penelitian menemukan: (1) persepsi mahasiswa tentang interaksi mahasiswa dan dosen terkategori sangat baik dengan rerata skor 16.4259 (82.13%), (2) persepsi mahasiswa tentang motivasi atau minat belajar mahasiswa terkategori tinggi dengan rerata skor 12.0741 (75.46%), (3) persepsi mahasiswa tentang kemampuan mahasiswa dalam memahami materi kuliah terkategori sangat baik dengan rerata skor 16.8333 (84.17%), (4) persepsi mahasiswa tentang kemampuan berpikir kritis terkategori sangat baik dengan rerata skor 16.8333 (84.07%), (5) persepsi mahasiswa tentang kemampuan mahasiswa dalam manajemen waktu terkategori sangat baik dengan rerata skor 9.9074 (82.56%), (6) persepsi mahasiswa tentang kesesuaian model PjBL dengan karakteristik mata kuliah terkategori sangat baik dengan rerata skor 16.4630 (82.32%), dan (7) hasil belajar mahasiswa dalam penerapan model PjBL terkategori sangat baik dengan rerata skor 10.1667 (84.72%).

Secara umum, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan persepsi mahasiswa model PjBL dinyatakan berhasil dalam penyelenggaraan proses pembelajaran mata kuliah Manajemen Proyek dengan hasil belajar yang sangat baik.

Published
2022-12-31
Section
Articles