Student Perseption of Classroom Interior Comfort
Abstract
Politeknik Negeri Pontianak merupakan kampus yang mencetak lulusan vokasi terapan menjadi tujuan para siswa lulusan sekolah menengah atas dari berbagai daerah untuk belajar dan kuliah. Mereka yang diterima sebagai mahasiswa Polnep memerlukan sarana dan prasarana perkuliahan yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan guna memperlancar proses pendidikan dan pembelajaran di kampus. Saat ini kampus Polnep yang terdiri dari delapan Jurusan memberikan gambaran kebutuhan prasarana ruang kelas untuk mereka belajar. Kondisi ruang kelas yang ada di 8 jurusan dan 1 gedung kuliah teori menunjukkan kondisi yang berbeda-beda terkait persyaratan ruang. Perlu dilakukan kajian mengenai persepsi mahasiswa terhadap kenyamanan ruang kelas yang dikaitkan dengan elemen-elemen ruang dalam. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan memvisualisasikan aktifitas ruang kelas dan metode kuantitatif dengan kuesioner terhadap pelaku ruang kelas. Kajian ini akan memberikan masukan bagi pengelola lembaga kampus untuk perbaikan prasarana kelas ke depannya dan untuk memperkaya bahan perkuliahan Perancangan Ruang Dalam.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.