Kajian Segmen Fasade Rumah Tinggal Tradisional Melayu di Tepian Sungai Kapuas Kampung Tambelan Sampit Kota Pontianak

  • wahyudin ciptadi DIII arsitektur Polnep
  • Erwin Rizal Hamzah Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak
  • Muhammad Radhi Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak
  • Puspito Harimurti Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: segmen, fasade, rumah tinggal tradisional, tepian sungai

Abstract

Keberadaan rumah tinggal tradisional Melayu ditepian sungai Kapuas, Kampung Tambelansampit Pontianak memiliki nilai kekhasan fasade rumah tinggal yang berbeda dcengan daerah lain. Sehingga didalam mengidentifikasi jenis/tipe/tipologi dari fasade sebuah rumah tinggal tradisional harus melibatkan aspek tolok ukur sistem model (stylistic system)  yang yang berkaitan dengan style atau langgam yang mewujudkan bentuk fasade bangunan.

N.J.Habraken (1978) mempertegas pernyataan ini dengan menyatakan bahwa arsitektur rumah tinggal merupakan suatu kesatuan sistem yang terdiri atas Spatial System, Physical System, dan Stylistic System. Sistem model (stylistic system) ini meliputi fasade, bentuk pintu dan jendela serta unsur-unsur lain baik di dalam maupun di luar bangunan dari elemen atas (kepala), elemen tengah (badan), dan elemen bawah (kaki) di rumah tinggal  tradisional Melayu dengan melihat nilai kekhasan yang unik dari fasade rumah tinggal rumah tinggal tradisional Melayu.

Dalam penelitian terapan ini dapat digolongkan ke dalam skema sosial humaniora,seni budaya, Pendidikan dengan tema riset yaitu seni, identitas, kebudayaan, dan karakter bangsa. Sedangkan jika disesuaikan dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak tahun 2020-2024 judul penelitian terapan ini dapat dikelompokan menjadi 2 (dua) yaitu: a.) fokus penelitiannya : seni dan budaya dengan topik penelitian : tipomorfologi bangunan budaya dan bangunan bersejarah di Kalimantan Barat; b.) fokus penelitiannya : infrastruktur dan transportasi dengan topik penelitian : tipomorfologi perumahan ditepian air.

Penelitian terapan ini menggunakan pendekatan metode rasionalistik-kualitatif dengan mengambil beberapa sampel penelitian dari populasi  rumah tinggal tradisional Melayu ditepian sungai Kapuas yang masih ada dan masih bertahan sampai saat ini. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahapan proses pelaksanaan yaitu :  tahap pengumpulan data (observasi awal, observasi lanjutan, dan wawancara) dan tahap analisis data serta pembahasan hasil penelitian. Hasil yang ingin dicapai dari penelitian terapan ini  adalah teridentifikasinya jenis/tipe/tipologi fasade rumah tinggal  tradisional Melayu yang berada di tepian sungai Kapuas, Kampung Tambelan Sampit, kota Pontianak dengan dokumentasi data gambar  (blue print), artikel ilmiah yang dimuat di jurnal maupun di prosiding nasional atau lokal.

Published
2022-12-31
Section
Articles