Analisa Teknis Pembuatan Alat Pengukur Pentanahan pada Batang Tunggal dan Paralel Pada Beberapa Jenis Elektroda dengan Ukuran yang Berbeda untuk Keperluan Praktikum Pentanahan Mahasiswa Teknik Listrik

  • Abu Bakar Jurusan Teknik Elektro
  • Suharto Suharto Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: : Jenis-jenis elektroda, sistem parallel, nilai pentanahan

Abstract

              Salah satu  komponen penting yang berkaitan dengan sistem instalasi listrik pada suatu bangunan  adalah sistem pentanahan/grounding.   Pentanahan yang dipasang harus memiliki nilai yang kecil, ini dimaksudkan jika terjadi kegagalan isolasi ataupun adanya arus petir maka pentanahan ini segera mengalirkan arus lebih ketanah, sehingga instalasi tersebut aman dari bahaya tegangan sentuh yang menetap dan bahaya dari arus induksi petir yang dapat merusak perangkat elektronik yang terpasang. Semakin kecil nilai tahanan pentanahan yang terpasang  maka semakin baik sistem pentanahannya/grounding. 

               Pemasangan sistem pentanahan untuk menentukan nilai grounding suatu bangunan biasanya dengan menancapkan batang elektroda pada titik yang ditentukan, setelah itu baru diadakan pengukuran, Jika hasil pengukuran didapat nilai yang tidak sesuai maka biasanya dilakukan penanaman elektroda tambahan dengan cara parallel ataupun dengan penambahan larutan elektrolit lainnya.

             Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui perbedaan nilai tahahan jika dipasang pada satu buah elektroda dan jika menggunakan elektroda parallel, dengan ukuran dan jenis elektroda yang berbeda. Dengan cara ini diharapkan dapat diketahui secara pasti nilai grounding yang akan ditentukan

             Target luaran  hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pihak terkait khususnya mahasiswa teknik listrik yang nantinya berkecimpung dibidang pengerjaan pentanahan. Disamping itu alat yang dibuat akan juga digunakan bagi mahasiswa teknik listrik untuk melakukan praktikum sistem pentanahan.

Published
2021-12-31
Section
Articles