Hubungan Persepsi Pengguna Jalur Pedestrian terhadap Walkability Koridor Jalan Ahmad Yani Pontianak

  • Achmad Eko Yanuar Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak
  • Yudhitya Ratih Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak
  • Aryasa Bijak Utama Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: Walkability, Jalur Pedestrian, Persepsi

Abstract

Sebuah Kota yang ramah nyaman dan aman bagi penduduknya merupakan isu utama di abad milenial ini. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemangku jabatan termasuk Walikota Pontianak untuk mewujudkannya termasuk salah satunya adalah penataan jalur pedestrian di jalan jalan utama kota Pontianak salah satunya adalah di Koridor jalan Ahmad Yani 1 yang bisa disebut salah satu landmark Kota Pontianak kota. Namun penataan jalur pedestrian tersebut ternyata tidak membangkitkan minat masyarakat untuk memanfaatkan secara maksimal. Hal ini dibuktikan kurangnya masyarakat untuk memanfaatkan jalur pedestrian tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Korelasi yang bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana hubungan variable-variable  saling berkaitan pada suatu factor berkaitan dengan variable-variable  pada faktor lainnya berdasarkan pada koefisien korelasi.

Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui hubungan persepsi pengguna dan walkability koridor jalan Ahmad Yani dan mendiskripsikan  sejauh mana tingkat persepsi pengguna jalur pedestrian dan  walkability Koridor jalan Ahmad Yani  yang mana akan dapat dipublikasikan yang diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemangku jabatan maupun konsultan  dalam perencanaan dan perancangan koridor jalan dikemudan hari

Published
2021-06-30
Section
Articles