Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning

Keywords: Model Pembelajaran, Project based Learning, Efektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning di program studi Manajemen Perkebunan Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Pontianak sebagai implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Saat ini Kurikulum Merdeka Belajar kampus Merdeka belum diterapkan di program studi Manajemen Perkebunan. Penelitian ini merupakan upaya persiapan penerapan metode pembelajaran, mengadaptasi penerapan di beberapa perguruan tinggi vokasi lain yang sudah mendapat hasil yang baik dan bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen. Penelitian ini dilaksanakan di semester VI program studi Manajemen Perkebunan terdiri dari dua kelas pada Mata Kuliah Total Quality Management. Jenis penelitian adalah quasy experiment (eksperimen semu). Masing-masing kelas akan diberikan perlakuan, satu kelas adalah kelas eksperimen dan satu kelas adalah kelas kontrol. Satu kelas diberikan pembelajaran menggunakan metode Project Based Learning dan satu kelas menggunakan metode pembelajaran lain. Pembelajaran dilakukan secara blendid, kombinasi online dan offline dengan dominasi menggunakan online. Pembelajaran online menggunakan googleclassroom. Teknis analisis data dilakukan dengan uji perbedaan hasil belajar di dua kelas, sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis.

Author Biography

Ichsan Ichsan, Politeknik Negeri Pontianak
Published
2024-12-30