Analisis Pengaruh Koleksi Bahan Pustaka dan Penataan Tata Ruang Terhadap Minat Baca Pengguna Perpustakaan Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak (Polnep)

  • Abdullah Abdullah Politeknik Negeri Pontianak
  • Meizi Fahrizal Politeknik Negeri Pontianak
  • Dedi Herdiansyah Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: koleksi pustaka, tata ruang, minat baca

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Koleksi Bahan Pustaka dan Penataan Tata Ruang Terhadap Minat Baca Pengguna Perpustakaan Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik negeri Pontianak (Polnep)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Koleksi Bahan Pustaka dan Penataan Tata Ruang Terhadap Minat Baca Pengguna Perpustakaan. Variabel yang diteliti adalah varibel Koleksi Bahan Pustaka, Penataan Tata Ruang, dan Minat Baca Pengguna Perpustakaan. Perpustakaan yang baik harus memiliki koleksi bahan pustaka yang memadai dan mempunyai nilai dan manfaat bagi yang memerlukannya. Selain itu penataan tata ruang perpustakaan perlu dilakukan sebaik mungkin, sehingga kondisinya merasa nyaman dan aman, sehingga minat baca pengguna perpustakaan dapat meningkat.  Metode analisis yang digunakan untuk menguji  hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda  dan dihitung melalui program SEM (AMOS). Penelitin ini dilakukan dengan pembahasan deskriptif dan kuantitatif. Hasil pembahasan secara kuantitatif  variabel koleksi bahan pustaka, penataan tata ruang, dan minat baca pengguna perpustakaan  berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun simultan.

Published
2020-06-29
How to Cite
Abdullah, A., Fahrizal, M., & Herdiansyah, D. (2020). Analisis Pengaruh Koleksi Bahan Pustaka dan Penataan Tata Ruang Terhadap Minat Baca Pengguna Perpustakaan Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak (Polnep). Eksos, 16(1), 37-52. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v16i1.93
Section
Articles