Analisis Retail Marketing Mix berbasis Syariah dan Customer Expectation terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus pada PT CV Arli di Singkawang-Kalimantan Barat)

  • Desvira Zain Politeknik Negeri Pontianak
  • Sunarsih Sunarsih Politeknik Negeri Pontianak
  • Ismail Umar Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: retail, syariah, customer

Abstract

Tujuan dari perusahaan adalah bagaimana mengembangkan usaha bisnisnya dan mampu mendapatkan keuntungan laba. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah, karena diperlukan rangkaian usaha yang strategis untuk memenuhinya. Berkaitan dengan menghadapi persaingan,maka perusahaan dituntut harus bisa memberikan produk dan jasa pelayanan yang tepat sesuai harapan konsumen dan mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen terhadap perusahaan. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi perusahaan bagaimana agar bisa memenuhi semua. Dalam penelitian ini berjudul “Analisis Ritel Marketing Mix Berbasis Syariah dan Customer Expectation Terhadap Customer Satifaction (Studi Kasus   pada PT CV ARLI di Singkawang-Kalimantan Barat)”. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah konsumen yang berbelanja di toko tersebut dan diambil secara acak berjumlah 60 orang, dengan menggunakan analisis regresi linier, yang nantinya dianalisis dan disimpulkan. Adapun hasilnya adalah Berdasarkan perhitungan di atas dapat dilihat bahwa bauran pemasaran ritel dan harapan pelanngan berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sebab dengan bauran pemasaran ritel dan harapan pelanggan di lingkungan PT CV Arli sesuai dengan kepuasan pelanggan.

Published
2020-06-29
How to Cite
Zain, D., Sunarsih, S., & Umar, I. (2020). Analisis Retail Marketing Mix berbasis Syariah dan Customer Expectation terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus pada PT CV Arli di Singkawang-Kalimantan Barat). Eksos, 16(1), 1-19. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v16i1.92
Section
Articles