Pemanfaatan E-Learning berbasis Moodle dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

  • Soraya Soraya Politeknik Negeri Pontianak
  • Linda Suherma Politeknik Negeri Pontianak
  • Sari Zawitri Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: e-learning, moodle, quasy experiment

Abstract

Pelaksanaan perkuliahan saat ini di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak masih dilakukan secara konvensional. Era Pendidikan 4.0 menggugah upaya untuk pemanfaatan electronic learning (e-learning) dalam proses perkuliahan di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemanfaatan e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I, dan (2) untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I di kelas pembelajaran online dan tatap muka. Bentuk penelitian ini Quasy Experiment dengan model Pretest-Post test Control Group Design. Objek penelitian ini terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) mahasiswa begitu senang dan puas mengikuti pembelajaran online ini sehingga mahasiswa merasakan manfaat dari e-learning berbasis Moodle, dan (2) dari hasil pre test, post test dan nilai UTS ditemukan bahwa pembelajaran dengan sistem online dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka penuh.

Published
2020-06-29
How to Cite
Soraya, S., Suherma, L., & Zawitri, S. (2020). Pemanfaatan E-Learning berbasis Moodle dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Eksos, 16(1), 72-83. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v16i1.89
Section
Articles