Konflik dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja

  • Novi Desanti Politeknik Negeri Pontianak
  • Edy Sutrisno Politeknik Negeri Pontianak
  • Anggita Anggita Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: konfik, penanganan konflik, kepuasan kerja

Abstract

Konflik di dalam sebuah organisasi dapat terjadi kapan saja dan disebabkan oleh banyak hal juga banyak pihak yang terlibat. Interaksi ini dapat terjadi baik secara vertikal maupun secara horizontal di dalam struktur organisasi. Gesekan-gesekan kepentingan, pemahaman yang berbeda dalam menanggapi suatu hal, aliran komunikasi dan informasi yang kurang lancar, latar belakang budaya dan perbedaan budaya, pendidikan dan tingkat emosi yang berbeda dan lain-lain, merupakan bumerang pagi organisasi itu sendiri. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel sebanyak 26 kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Dari penelitian ini dapat diketahui jenis konflik, pengaruh parsial penangganan konflik terhadap kepuasa kerja, pengaruh simultan penangganan konflik terhadap kepuasan kerja pada Jurusan Administrasi Bisnis (AB). Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis konflik yang sering timbul di jurusan AB adalah konflik nilai (68%); (2) Dari hasil uji parsial (uji t) diketahui variabel berintegrasi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Variabel memenuhi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan variabel mendominasi, menghindar dan berkompromi berpengaruh signifikan; dan (3) Dari hasil uji simultan diketahui bahwa variabel penanganan konflik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2020-05-13
How to Cite
Desanti, N., Sutrisno, E., & Anggita, A. (2020). Konflik dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja. Eksos, 15(1), 38-47. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v15i1.82
Section
Articles