Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa

  • Ul Qadri Politeknik Negeri Pontianak
  • Riska Wahyuni
  • Lilis Listiyawati
Keywords: Cooperative Learning, Speaking, Peserta didik, Pendidik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dalam menguasai kerampilan berbicara dalam bahasa Inggris (Speaking), mendiskripsikan penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning dan strategi yang dinggap menarik dan paling membantu mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis dalam meningkatkan keterampilan Speaking mereka. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Negeri Pontianak, Jurusan Administrasi Bisnis, program studi Administrasi Negara tahun akademik 2016-2017. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara kepada mahasiswa semester II. Hasil penelitian menunjukan Hambatan yang di alami mahasiswa berupa minimnya kosakata, pengetahuan mengenai struktur kalimat lemah, pelafalan (Pronounciation) yang buruk dan kurang percaya diri, kesemua informan memiliki pengetahuan mengenai metode pembelajaran CL. Pengetahuan ini menunjukkan adanya kejelasan metode yang dipakai untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Published
2020-05-13
How to Cite
Qadri, U., Wahyuni, R., & Listiyawati, L. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa. Eksos, 14(1), 17-35. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v14i1.77
Section
Articles