Sistem Penanganan Kredit Macet di Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis

  • Dewi Norita Effendi Politeknik Negeri Bengkalis
  • Nazrantika Sunarto Politeknik Negeri Bengkalis
Keywords: penanganan, kredit macet, koperasi, lembaga keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis dalam menganalisis Nasabah agar tidak terjadi kredit macet;  mengetahui kualitas kredit yang sering terjadi di Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis; mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kredit macet pada koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis; mengetahui sistem penanganan kredit macet di Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis; dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi/ditemui koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis dalam menangani kredit macet. Jenis penelitian adalah penelitian Deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara kemudian dianalisis kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis menganalisis nasabah agar tidak terjadi kredit macet adalah dengan cara menganalisis persyaratan permohonan pinjaman, menganalisis/melakukan survey usaha nasabah, menganalisis/melakukan survey jaminan, menganalisis kondisi rumah nasabah, Bank Indonesia Checking, dan melakukan tahap pencairan dana. Kualitas kredit yang terjadi pada Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis adalah Coll 1, yaitu nasabah dikategorikan pada kualitas lancar Coll 2, nasabah dikategorikan pada kualitas kurang lancar Coll 3, yaitu nasabah dikategorikan pada kualitas dalam perrhatian kusus Coll 4, yaitu nasabah dikategorikan pada kualitas diragukan dan W/O nasabah yang dikategorikan dalam kualitas macet. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kredit macet di koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis adalah memburuknya kondisi bisnis debitur; fasilitas yang digunakan tidak sesuai rencana kredit; dan adanya itikad tidak baik dari nasabah. Sistem penanganan kredit macet di Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis adalah dengan cara pemberitahuan melalui telepon oleh petugas; penagihan langsung oleh petugas; diberikan surat peringatan; memperpanjang jangka waktu kredit (rescheduling); mengubah berbagai persyaratan yaitu nasabah hanya membayar OS full, bunga dan sebagian denda (Reconditioning). Kendala yang dihadapi koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis dalam menangani kredit macet berupa kendala yang berasal dari nasabah dan berasal dari Koperasi Swamitra. Kendala yang berasal dari nasabah yaitu nasabah melarikan diri; nasabah tidak memiliki itikad baik untuk membayar kredit; nasabah meninggal dunia; dan kendala yang berasal dari Koperasi Swamitra adalah Kurangnya Sumber Daya Manusia dan jarak tempuh yang jauh.

Published
2020-05-11
How to Cite
Effendi, D., & Sunarto, N. (2020). Sistem Penanganan Kredit Macet di Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis. Eksos, 13(2), 82-93. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v13i2.62
Section
Articles