Komparasi Pembelajaran Matematika menggunakan Open-ended dengan Probing-Prompting Ditinjau dari Kreativitas Mahasiswa

  • Ichsan Ichsan Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: Komparasi, pembelajaran matematika, pendekatan open-ended, probing-prompting, kreativitas mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua model pembelajaran openended dan probing-prompting yang dapat mengarahkan mahasiswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari kreativitas mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknologi Pertanian Program Studi D4 Manajemen Perkebunan. Populasi dan sampel adalah mahasiswa sebanyak dua kelas yang mengikuti Mata Kuliah Matematika tahun akademik 2016/2017. Satu kelas diberikan pembelajaran matematika menggunakan open-ended dan satu kelas menggunakan probing-prompting. Data dianalisis dengan uji anava. Hasil belajar mahasiswa yang diberikan pembelajaran open-ended tidak lebih baik dari pembelajaran menggunakan Probing-Prompting ditinjau berdasarkan kreativitas mahasiswa.

Published
2020-04-03
How to Cite
Ichsan, I. (2020). Komparasi Pembelajaran Matematika menggunakan Open-ended dengan Probing-Prompting Ditinjau dari Kreativitas Mahasiswa. Eksos, 13(1), 71-81. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v13i1.49
Section
Articles