Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Komitmen Organisasi

  • Sulaiman Sulaiman Politeknik Negeri Pontianak
  • Dody Radiansah Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: kompensasi finansial, komitmen organisasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial terhadap komitmen organisasi”. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan, referensi dan bacaan tambahan yang menyajikan kenyataan di lapangan bagaimana kompensasi finansial yang diberikan oleh sekolah kepada karyawan dapat mempengaruhi komitmen organisasi sehingga tujuan sekolah dapat tercapai. Manfaat praktis dalam penelitian ini adalah: a) Bagi Perusahaan: dapat memberikan informasi tentang kebijakan pemberian kompensasi yang dapat meningkatkan komitmen organisasi. b) Bagi peneliti: Dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman tentang pengaruh kompensasi dan komitmen organisasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Yayasan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kota Pontianak Pontianak yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru Yayasan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kota Pontianak berjumlah 31 orang. Teknik sampling pada penelitian ini yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Lokasi penelitian dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Dari hasil perhitungan melalui program SPSS 24 diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,864 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,929. sementara itu dari tabel anova dan coefficients diperoleh nilai F hitung sebesar 57,009. Pada signifikan F sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi kompensasi finansial (B1) sebesar 0,112 dengan nilai t hitung sebesar 0,178. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa kompensasi finansial berpengaruh terhadap komitmen organisasi.

References

Arikunto, Suharsimi, 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Dessler, G, 2014, Human Resoursce Management, Eighth Edition, Prentice Hall International Inc, USA.
Veithzal Rivai, 2009, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, S.P., Malayu, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Martoyo, Susilo, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta.
Meyer, John P, Dan Allen 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Managemen), Alih Bahasa Benyamin Molan, Edisi Bahasa Indonesia, PT. Prehalindo, Jakarta.
Spector, dkk, 2000, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sugiyono, 2017, Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.
Tulus, Agus, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia Pustaka, Jakarta.
Marlina, 2017, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Cetakan Keempat, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Wikipedia Indonesia,10 Juni 2008, Pendidikan.http://id.wikipedia.org/wiki/ pendidikan.
Published
2022-06-30
How to Cite
Sulaiman, S., & Radiansah, D. (2022). Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Komitmen Organisasi. Eksos, 18(1), 42-57. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/eksos.v18i1.404
Section
Articles