https://ejurnal.polnep.ac.id/index.php/Retensi/issue/feed RETENSI 2025-06-19T10:22:25+07:00 Rona Ariansyah ronaariyansyah@polnep.ac.id Open Journal Systems <p><strong>RETENSI </strong>merupakan Jurnal Rekayasa Teknik Sipil yang akan terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan <strong>Juni&nbsp;</strong>dan <strong>Desember</strong>. Jurnal Retensi diterbitkan oleh Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Pontianak Kalimantan Barat. Redaksi akan menerima sumbangan artikel ilmiah dari para peneliti, pendidikan dan pemerhati masalah-masalah atau <em><strong>&nbsp;focus&nbsp;and&nbsp;scope&nbsp;</strong></em>dibidang Rekayasa Teknik Sipil seperti struktur, jalan raya, jembatan, transportasi, geoteknik, manajemen kontruksi, dan material dan bahan bangunan.&nbsp;Jurnal dapat diakses melalui&nbsp;http://ejurnal.polnep.ac.id/index.php/Retensi&nbsp;</p> https://ejurnal.polnep.ac.id/index.php/Retensi/article/view/998 COMPARATIVE ANALYSIS OF MKJI 1997 AND PKJI 2023 METHODS IN DETERMINING ROAD CAPACITY VALUE ON URBAN ROADS (CASE STUDY: JL. DOKTOR MANSYUR) 2025-06-18T11:41:08+07:00 Pagit Juni Sartika Br Tarigan pagitjunitarigan@polmed.ac.id Fenny Novita Meysabed Sianturi fsianturi@polmed.ac.id Oktavia Ully Artha Silalahi oktaviasilalahi@polmed.ac.id Dine Noviandri Badriansyah dbadriansyah@polmed.ac.id <p><em>Road capacity is one of the things needed in the process of determining the level of road service. There are </em><br><em>several data needed in the process of determining road capacity using both the MKJI 1997 and PKJI 2023 </em><br><em>methods. These data are road width data, median conditions, shoulder width data, curb data, population data, </em><br><em>number of vehicles crossing the road, and side friction data. All of this data can be obtained by conducting a </em><br><em>direct survey at the review location. The review location is an urban road (Jl. Doktor Mansyur), Medan City, </em><br><em>North Sumatra. In addition, vehicle types are also grouped because they will have an impact on the road </em><br><em>section capacity value. Traffic volume and side friction surveys are carried out on weekdays and weekend. </em><br><em>With the acquisition of road capacity values, the level of road service can be determined to be followed up if </em><br><em>the road service level is no longer working according to the function of the road. After conducting a traffic </em><br><em>survey and data processing, the road service level was obtained in category F due to very high side friction</em><br><em>conditions and dense activity on the road section.</em></p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Pagit Juni Sartika Br Tarigan, Fenny Novita Meysabed Sianturi, Oktavia Ully Artha Silalahi, Dine Noviandri Badriansyah https://ejurnal.polnep.ac.id/index.php/Retensi/article/view/999 PENGARUH VARIASI PANJANG LINK PADA SISTEM ECCENTRICALLY BRACED FRAMES DENGAN MENGGUNAKAN TIPE SPLIT-D BRACED 2025-06-19T10:22:25+07:00 Oktavia Ully Artha Silalahi oktaviasilalahi@polmed.ac.id pagit Juni Sartika Br Tarigan pagitjunitarigan@polmed.ac.id Fenny Novita Meysabed Sianturi fsianturi@polmed.ac.id Rudianto Surbakti rudiantosurbakti@polmed.ac.id <p>&nbsp;</p> <p>Sistem <em>Eccentrically Braced Frames</em> (EBF) merupakan sebuah sistem penahan gempa lateral pada bangunan baja yang dianggap sebagai gabungan antara sistem rangka pengaku momen dan sistem berpengaku eksentrik. Sistem EBF memberikan banyak variasi konfigurasi tipe <em>link</em> yang dapat dimodelkan untuk mengetahui tipe <em>link</em> yang paling direkomendasikan yang sesuai dengan kapasitas deformasi plastis dan disipasi energinya. Pada penelitian ini, dilakukan analisis untuk mengetahui kegagalan terlebih dahulu pada elemen <em>link</em>. Struktur gedung yang dimodelkan adalah residensial baja 8 lantai dengan sistem <em>link </em>horizontal tipe <em>Split D-Braced</em> menggunakan SAP 2000 berupa analisis linier dan non-linier (<em>pushover</em>). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan data sekunder didapatkan dari penelitian sebelumnya (bishay,dkk) menggunakan denah yang ada, beban struktur (SNI 1727-2020) dan beban gempa (1726-2019). Hasil analisis <em>pushover</em>, dapat diketahui bahwa struktur D-EBF mengalami pelelehan pada <em>displacement</em> lantai puncak sebesar 20,588 mm <em>base force</em> sebesar 4.662,379 kN. Selanjutnya struktur D-EBF mencapai nilai <em>ultimate</em> pada <em>displacement</em> sebesar 193,137 mm dengan <em>base force</em> sebesar 24.035,369 kN. Adapun nilai dari <em>performance point nilai</em> V = 4062,416 kN, <em>displacement</em> = 17,538 mm ; <em>performance point</em> pada Sa = Sd = 0,909. Sehingga dari hasil analisis dapat diketahui daktilitas dari struktur D-EBF tipe <em>link </em>yang direkomendasikan menggunakan <em>link </em>pendek adalah sebesar 9,381. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur gedung EBF tipe <em>Split D-Braced</em> 8 lantai mengalami kegagalan terlebih dahulu pada elemen <em>link</em>, hal ini sesuai dengan konsep struktur<em> Eccentrically Braced Frames</em> (EBF).</p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Oktavia Ully Artha Silalahi