MANAJAMEN KONSTRUKSI PADA GEDUNG KANTOR JALUR NUGRAHA EKAKURIR EMPAT LANTAI DI KOTA PONTIANAK

MANAJAMEN KONSTRUKSI PADA GEDUNG KANTOR JALUR NUGRAHA EKAKURIR EMPAT LANTAI DI KOTA PONTIANAK

  • Gyrez Liary Politeknik Negeri Pontianak
  • satriyo Utomo
  • Etty Rabihati
Keywords: planning, construction management, office, structural work, cost

Abstract

Penulis melakukan perencanaan manajemen konstruksi pada Pembangunan Kantor Jalur Nugraha Ekakurir Empat Lantai di Jalan Abdul Rahman Saleh, Kota Pontianak yang sebelumnya telah dilakukan perencanaan struktur dan gambar rencana. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembangunan Gedung Kantor Jalur Nugraha Ekakurir diperlukan perencanaan manajemen konstruksi yang tepat, agar proses pembangunan Gedung Kantor ini berjalan dengan lancar, tepat waktu, efisien dan mutu yang diinginkan dapat tercapai. Maka dari itu, Penulis merencanakan sistem manajemen konstruksi pembangunan Gedung Kantor Ekakurir yang dijadikan judul pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pembahasan manajemen konstruksi ini adalah sistem manjemen biaya, mutu, waktu, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada pekerjaan struktur yang meliputi pondasi, balok, kolom dan plat lantai. Berdasarkan hasil analisa metode di atas didapat biaya pekerjaan persiapan dan struktur yang diperlukan dalam penyelesaian proyek pembangunan Gedung Kantor Ekakurir adalah Rp. 18.500.000.000 dan dapat diselesaikan dalam waktu 25 minggu atau 222 hari kalender. Untuk perencanaan mutu hasilnya berupa pengendalian mutu dan daftar tabel spesifikasi. Pada perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa jumlah kebutuhan tenaga kerja sebagai sarana untuk pelaksanaan kerja yang baik dan pada perencanaan manajemen K3 yang direncanakan berupa identifikasi dan pengendalian potensi bahaya K3 terhadap masing-masing jenis pekerjaan dan biaya untuk kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) dan Alat Pelindung Kerja (APK) sebesar Rp. 38.820.000.

Kata Kunci: perencanaan, manajemen konstruksi, kantor, pekerjaan struktur, biaya

References

[1] Kerzner, H. (2009). Project malnalgement: al systems alpproalch to plalnning, scheduling, alnd conrolling. John Wiley & Sons, Inc. Hoboken. New Jersey.
[2] Soemalrdi, dkk. (2007). Pengembalngaln Sistem Ealrned Vallue untuk Pengelolalaln Proyek Konstruksi. Lalporaln Halsil Riset. Institut Teknologi Balndung.
[3] Mukomoko, J.Al. (1987). Dalsalr Penyusunaln Alnggalraln Bialyal Balngunaln. Galyal Medial Praltalmal. Jalkalrtal.
[4] Surbalkti, Al. Al. (2013). Pengalruh Malnaljemen Mutu Paldal Talhalp Pelalksalnalaln Konstruksi. Gralmedial. Balndung.
[5] Sealrs, R. H., & Clough, G. Al. (1991). Determining Construction Malnalgement Educaltion Quallificaltions alnd the Effects of Construction Malnalgement Educaltion Deficiencies on Turkish Construction. Vol. 7 No. 2.
[6] Balchtialr, I. (2001). Rencalnal daln Estimalte Reall Of Cost. Bumi Alksalral. Jalkalrtal.
[7] Nurjalnalh. (2017). Alnallisis Malnaljemen Konstruksi Pembalngunaln Rumalh Salkit Ibu daln Alnalk Sumber Kalsih Kotal Cirebon. Vol 6. No 5. Falkultals Teknik Universitals Swaldalyal Gunung Jalti.
[8] Siswalnto. (2007). Perencalnalaln daln Pengendallialn Proyek. Sinalr Gralfikal. Jalkalrtal.
[9] Malrwalnsyalh. (2014). Malnaljemen Sumber Dalyal Malnusial. Edisi Kedual. Allfalbetal. Balndung.
[10] Rivali, V. (2008). Malnaljemen Sumber Dalyal Malnusial Untuk Perusalhalaln. Gralfindo Persaldal. Jalkalrtal.
Published
2023-06-30