Pemanfaatan CNC Laser Enggraving dalam Meningkatkan Berwirausaha Bidang Karya Seni di Desa Medan Krio

  • Nurmahendra Harahap Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia
Keywords: Kata kunci: Karya seni, CNC, akrilik.

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tiga tugas pokok wajib dosen dengan memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat melakukan sosialisasi yang terkait dengan bidang ilmu dan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Langkah awal dalam proses pengabdian ini yaitu melakukan sosialisasi ke kelurahan untuk mengobservasi permasalahan kebutuhan yang mendasar pada masyarakat yang ada di desa meda krio. Secara umum tingkat kehidupan masyarakat di desa medan krio masih terbatas pada keluarga pra sejahtera yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasar minimum. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat di desa medan krio diharapkan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan membuat karya yang dapat bernilai jual dengan menggunakan mesin CNC grafif laser agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode yang digunakan dengan memberikan pendampingan berwirausaha dalam bidang seni akrilik, diberikan pelatihan kepada peserta binaan desa medan krio cara penggunaan alat CNC engraving untuk mengukir akrilik agar dapat menghasilkan suatu karya seni yang bernilai dimata masyarakat. Setelah diberikan pelatihan maka dilakukan pendampingan kepada masyarakat dalam membuat suatu karya seni yang dapat dijual sehingga dapat membantu masyarakaat binaan dalam menambah pemasukan keuangan mereka.

 

References

Munadi, "Rancang Bangun Prototipe mesin CNC laser engraving dua sumbu menggunakan diode laser," Jurnal teknik Mesin Indonesia, pp. 32-37, 2018.
Y. Suzantri H, "Pelatihan Pembuatan Lampu Hias Akrilik 3D Led untuk Meningkatkan Pendapatan Bagi Pemuda Tuna Karya di Kota Bengkulu," in Seminar Nasioal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 2020.
R. Karina Claudia and A. Pandu Setiawan, "Perancangan Kap. Lampu Hias dengan Material Tembus Cahaya," Jurnal Intra, pp. 798-801, 2017.
T. Ratnawuri and N. Farida, "). Pengembangan Enterpreneurship Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Akrilik," Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), pp. 156-163, 2019.
R. Wiyati, "Peningkatan Kreatifitas Kerajinan Akrilik Bagi Entrepreneur Pemula “Cantika” di Kelurahan Bambu Kuning Pekan Baru," Jurnal Pengabdian Kompetitif, pp. 1-8, 2023.
R. Fajri, F. Fitriani, T. Harmawan, J. Jofrishal, G. M. A. Siregar and P. R. Almi, "Usaha Kerajinan Tanga dari Plat Akrilik Sebagai Alternatif Pendidikan Keterampilan Santri Dayah Mu’Ariful Huda Desa Labuhan Keude, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur," MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, pp. 3518 - 3522, 2023.
Published
2024-03-13
How to Cite
Harahap, N. (2024). Pemanfaatan CNC Laser Enggraving dalam Meningkatkan Berwirausaha Bidang Karya Seni di Desa Medan Krio. Kapuas, 4(1), 28-32. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/jk.v4i1.707