Pengaplikasian “Joyful Learning” pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan penting untuk dilakukan oleh guru. Guru matematika atau guru pelajaran lain diharapkan dapat mengembangkan ide-ide untuk memotivasi siswa dengan kegiatan yang menyenangkan. Permasalahan yang terjadi adalah pembelajaran matematika yang kurang menyenangkan sehingga perlu adanya strategi guru untuk membuat siswa menjadi tidak bosan dalam belajar matematika. Strategi yang dapat dilakukan adalah menerapkan joyful learning. Kegiatan pengabdian masyarakat di lakukan secara online dengan webinar karena dilaksanakan pada masa pandemi covid yang tidak memperbolehkan adanya kegiatan dengan banyak orang. Kegiatan webinar joyful learning in mathematics ditujukan kepada Guru dan Calon Guru (Mahasiswa Keguruan). Anggota Pergunu dan Guru SMA Al Ishlah yang menjadi mitra kerja sama juga menjadi sasaran webinar ini. Pada pelaksanaan kegiatan ini terdapat tiga materi yang disampaikan, yaitu media pembelajaran joyful learning in mathematics, kopermatik, dan belajar matematika asyik dan menyenangkan.