Pengaplikasian “Joyful Learning” pada Pembelajaran Matematika

  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Riyandi Nurdiana Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Siti Nur Asmah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dedek Kurniawati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
Keywords: joyful learning, pembelajaran kreatif, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan penting untuk dilakukan oleh guru. Guru matematika atau guru pelajaran lain diharapkan dapat mengembangkan ide-ide untuk memotivasi siswa dengan kegiatan yang menyenangkan. Permasalahan yang terjadi adalah pembelajaran matematika yang kurang menyenangkan sehingga perlu adanya strategi guru untuk membuat siswa menjadi tidak bosan dalam belajar matematika. Strategi yang dapat dilakukan adalah menerapkan joyful learning. Kegiatan pengabdian masyarakat di lakukan secara online dengan webinar karena dilaksanakan pada masa pandemi covid yang tidak memperbolehkan adanya kegiatan dengan banyak orang. Kegiatan webinar joyful learning in mathematics ditujukan kepada Guru dan Calon Guru (Mahasiswa Keguruan). Anggota Pergunu dan Guru SMA Al Ishlah yang menjadi mitra kerja sama juga menjadi sasaran webinar ini. Pada pelaksanaan kegiatan ini terdapat tiga materi yang disampaikan, yaitu media pembelajaran joyful learning in mathematics, kopermatik, dan belajar matematika asyik dan menyenangkan.

Published
2021-06-29
How to Cite
Purwaningsih, D., Nurdiana, R., Asmah, S., & Kurniawati, D. (2021). Pengaplikasian “Joyful Learning” pada Pembelajaran Matematika. Kapuas, 1(2), 131-136. https://doi.org/https://doi.org/10.31573/jk.v1i2.344