Purwarupa Proses Pemantauan dan Pengisian Botol Kemasan Berbasis Modul PLC Outseal Dan HMI Haiwell

  • Muhammad Ridhwan Sufandi Politeknik Negeri Pontianak
  • Viery Leandro Kevin
  • Mohd Ilyas Hadikusuma
  • Abu Bakar
Keywords: Outseal, HMI, Haiwell, Pengisian Botol

Abstract

Kemajuan teknologi otomasi dan elektronika saat ini diharapkan mampu mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan produktifitasnya.  Dalam penelitian ini, dibuat sebuah purwarupa sistem pengisian kemasan botol minuman dengan memanfaatkan beberapa teknologi, diantarnya modul PLC Outseal, HMI Haiwell, sistem pneumatika dan beberapa komponen elektronika pendukung.

Dalam penelitian ini, sederet botol kemasan disusun di atas konveyor menuju sistem pengisian. Sensor akan mendeteksi posisi botol tepat di bawah outlet pengisi. Cairan akan diisikan ke dalam botol berdasarkan waktu yang ditetapkan. Saat selesai mengisi, posisi botol akan dirotasikan menuju sistem pneumatika guna menutup botol secara otomatisdan akan dijalankan menuju konveyor lain menuju bagian penyimpanan.

Dari hasil pengujian performa sistem, diperoleh bahwa proses pengisian sebuah botol kemasan membutuhkan waktu 38,97 detik. Supaya waktu menjadi lebih efisien, kecepatan dan torsi motor penutup botol perlu ditingkatkan. Selain itu sensor level cairan perlu ditambahkan agar memberhentikan proses pengisian botol secara otomatis

Published
2023-10-30
Section
Articles