Rancang Bangun Aplikasi Peminjaman Perangkat Berbasis Web Pada Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak

  • Zuhaidah Zuhaidah Politeknik Negeri Pontianak
  • Budianingsih Budianingsih Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: Kata Kunci: Peminjaman Perangkat, Web, Waterfall,  CodeIgneiter.

Abstract

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Monitor Spektrum Frekuensi Radio di Lingkungan Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI). Balai Monitor Spetrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak membutuhkan adanya suatu aplikasi yang memberikan kemudahan dalam proses peminjaman perangkat agar terkomputerisasi.

Metodologi penelitian dalam Rancang Bangun Aplikasi Peminjaman Perangkat Berbasis Web Pada Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak adalah waterfall. Waterfall menyediakan pendekatan alur hidup aplikasi secara berurutan dimulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode sistem dan pengujian sistem. Adapun Framework yang digunakan adalah CodeIgneiter dan Bootsrap, Bahasa Pemrograman PHP,  MariaDB dan text editor Sublime Text.

Penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi Peminjaman Perangkat Berbasis Web yang bisa melakukan proses peminjaman dan pengembalian perangkat, cetak berita acara peminjaman dan pengembalian perangkat serta mengetahui data perangkat seperti stock perangkat, detail perangkat dan sebagainya.

Published
2023-10-30
Section
Articles