Aplikasi Kontrol Dan Monitoring Pada Proses Pencucian Mobil Otomatis Berbasis PLC Outseal dan HMI Haiwell Untuk Modul Peraga Praktikum Otomasi Dasar

  • Hasan Hasan Jurusan Elektro Politeknik Negeri Pontianak
  • Wawan Heyawan Politeknik Negeri Pontianak
  • Irawan Suharto Politeknik Negeri Pontianak
  • Medi Yuwono Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: HMI, PLC Outseal, Sensor, IoT

Abstract

Modul  peraga praktikum  yang presentatif  adalah salah syarat bagi peserta didik dalam  mudah memahami materi dan mudah membayangkan aplikasi sebenarnya. Apalagi untuk bidang ilmu rekayasa seperti teknik elektro khususnya bidang ilmu otomasi industri. Dalam Penelitian ini dirancang dan dibuat modul peraga praktikum, berupa permodelan  Kontrol  Dan Monitoring Pada  Proses Pencucian Mobil Otomatis  Berbasis PLC Outseal dan HMI Haiwell.  Dengan menggunakan sensor nyata, konveyor yang digerakan oleh motor dc, pompa dan perangkat pendukung lain sehingga menyerupai sistem sebenarnya. Proses termonitoring dengan aplikasi IoT, dan PLC outseal sebagai otak kontrolnya.

Hasil dari penelitian terealisasinya perangkat modul praktikum sistem pencucian mobil otomatis yang menggunakan pengendali  berbasis PLC Outseal Mega V1, yang dilengkapi dengan sensor-sensor proximity infra red untuk mendeteksi posisi dari objek mobil, baik untuk proses masuk ke ruang pencucian, proses pencucian awal, proses penyikatan kotoran, proses penyiraman akhir dan proses pengeringan. Semua proses pencucian termonitor baik menggunakan HMI, PC/laptop maupun HP android yang sudah terhubung baik secara Akses Point maupun internet, sehingga terpantau secara remote area berbasis IoT Cloud. Dan juga dilengkapi dengan tombol-tombol operasi manual dan lampu  indikator posisi proses.

Published
2022-10-24
Section
Articles