Rancang Bangun Sistem Informasi Quality Assurance (QA) Pada Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak

  • Latifah Latifah
  • Wiwit Indah Rahayu Politeknik Negeri Pontianak
  • Sarah Bibi Politeknik Negeri Pontianak
  • Muhammad Ilyas Hadikusuma Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: Sistem QA, CodeIgniter, MySql

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk merancang bangun sistem informasi quality assurance (QA) pada Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak. Selama ini proses pengolahan data kinerja dosen masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu menggunakan media kertas dalam melakukan penilaian kinerja dosen. Hal ini tentu saja menyita waktu dan tenaga lebih banyak. Pada prosesnya mahasiswa diberikan kuisioner yang harus di isi untuk melakukan penilaian terhadap kinerja dosen dan teknisi yang ada. Setelah itu kuisioner tersebut akan di kumpulkan dan di olah nilainya sampai mendapat nilai akhir.

Karena itulah diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat membantu pejabat QA untuk melakukan pengolahan data kinerja dosen dan teknisi pada Jurusan Teknik Elektro Polnep. Aplikasi yang di buat menggunakan metod Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari perencanaan kebutuhan, desain pengguna, konstruksi dan implementasi. Sistem informasi ini dikembangkan dengan  menggunakan CodeIgniter,  Bootstrap dan MySql sebagai database.

Diharapkan mahasiswa nantinya dapat melakukan penilaian dengan cara mengakses web yang telah disediakan secara online. Setelah itu aplikasi akan dapat langsung memproses penilaian yang telah di isi oleh mahasiswa secara otomatis dan akan langsung menampilkan hasilnya. Dengan adanya sistem ini data penilaian kinerja dosen juga akan tersimpan dan terorganisir dengan baik. Sehingga dapat di jadikan bahan analisis dan evaluasi untuk perbaikan kinerja dosen ke depannya.

Published
2022-04-04
Section
Articles