Analisis Kapasitas Dan Pengisian Baterai Pada Mobil Listrik Ponecar

  • Dwi Harjono Anggota
  • Wahyu Widodo Politeknik Negeri Pontianak
  • Hadi Sugiarto Politeknik Negeri Pontianak
  • Abu Bakar Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: baterai lipo, mobil listrik,, temperatur

Abstract

Ketersedian bahan bakar fosil seperti minyak, gas alam, dan batubara semakin hari semakin menipis, sementara kebutuhan manusia akan energi dalam bentuk bahan bakar semakin meningkat. Hal ini diakibatkan cepatnya pertumbuhan penggunaan kendaraan untuk transportasi. Salah satu upaya penggunaan energi alternatif adalah penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Mobil listrik merupakan kendaraan yang digerakkan dengan menggunakan motor listrik DC, sehingga bahan bakarnya tidak menggunakan energy fosil tetapi menggunakan energi listrik yang disimpan dalam beterai atau tempat penyimpanan energi. Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan Analisis Kapasitas Dan Pengisian Baterai Pada Mobil Listrik PonECar. Dimana PonECar adalah penamaan mobil listrik yang akan dibuat yang merupakan kependekan dari Pontianak Electric Car.

Adapun rumusan masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah: Bagaimana menentukan kapasitas baterai yang akan digunakan, Bagaimana menentukan waktu pengisian baterai, Bagaimana karakteristik baterai yang dipilih terhadap temperatur akibat pengisian baterai dan Bagaimana karakteristik baterai yang dipilih terhadap pembebanan pada proses pengosongan.

Tujuan yang hendak dicapai pada penelitan ini adalah mengetahui kapasitas baterai untuk mobil listrik yang dibuat, dan menjadi bahan ajar matakuliah elektronika dan rangkaian listrik.

Hasil yang diperoleh adalah untuk menggerakkan motor listrik BLDC pada mobil listrik menggunakan sumber tegangan sebesar 48 Volt, sehingga untuk sumber listrik motor BLDC yang berasal dari baterai LiPo adalah 54.6 volt 40 Ah. Artinya baterai LiPo yang dipilih ini memiliki kapasitas sebesar + 2.184 Wh untuk penggunaan selama 1 jam terus menerus. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dari SOC 33% ke 99 % adalah selama 5 jam 20 menit. Temperatur yang diakibatkan proses pengisian (Charging) baterai paling rendah adalah 28.2 0C dan paling tinggi adalah 41.6 0C. Dengan terjadi penurunan kapasitas (SOC) baterai akibat pembebanan maka akan mengakibatkan adanya penurunan tegangan dari baterai.

baterai lipo, temperatur, mobil listrik,

Published
2022-04-04
Section
Articles