Modul Pratikum Kendali Otomasi Industri Tingkat Lanjut Menggunakan Aplikasi IoT Dalam Monitoring Proses Kontrol

  • Rusman Rusman Politeknik Negeri Pontianak
  • Hasan Hasan Jurusan Elektro Politeknik Negeri Pontianak
  • Wawan Heyawan Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: Software, Presentatif, Outseals PLC, Arduino

Abstract

Modul praktikum presentatif adalah satu syarat untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi kompeten. Apalagi dalam bidang ilmu elektronika dan kontrol otomasi industri, yang nantinya lulusan bergelut langsung di lapangan pekerjaan dibidang sistem otomasi dan kontroler. Syarat tersebut wajib dimiliki oleh lulusan program studi teknik elektronika Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak.  Dengan kemajuan teknologi di era revolusi 4.0 ini, hampir semua sistem sudah berbasis IoT, sehingga kontrol dan monitor perangkat industri terkendali dan termonitor  dari jarak jauh berbasis internet. Sebagian besar perangkat kendali dibidang otomasi industri yang dipakai adalah PLC ( Proggammabel Logic controller). Dengan demikian didalam pembelajaran pratikum, ketersedian perangkat praktikum dalam bidang tersebut haruslah dimiliki.

Untuk merealisasikan perangkat / modul pratikum yang dapat diharapkan dapat memenuhi standar minimum, maka dalam penelitian ini merancang dan membuat modul praktikum Otomasi Industri Tingkat Lanjut  berbasis IoT dan mengontrol dan Memonitor Proses Kontrol. Kontroller yang digunakan adalah Outseal PLC dengan monitoring HMI Haiwell  IoT.

Hasil  penelitian berupa  modul praktikum otomasi industri II, dengan kendali berbasis IoT baik mengontrol atau memonitor simulasi beban, dengan akses menggunakan wifi, akses poin (AP), dan cloud, dengan menggunakan perangkat monitor PC / Laptop, HMI maupu HP Android. Proses kontrol juga dapat dimonitor di PC lewat brosser dengan menggunakan ip dari HMI Haiwell yang sudah terkoneksi internet, AP maupun Cloud.

Pengaruh hasil penelitian setelah diimplentasikan lewat workshop PLC dan HMI IoT, minat mahasiswa untuk mendalami  kontrol otomasi industri cukup tinggi dilihat dari peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan ada 5 judul Tugas akhir mengaplikasikan perangkat tersebut. Sedangkan pengaplikasiannya sebagai media pembelajaran akan digunakan pada praktikum otomasi industri II, di 6 minggu akhir kegiatan perkuliahan.

Published
2021-10-28
Section
Articles