Purwarupa Alat Sortir Produk Dengan Metode Rotasi Berbasis PLC - Electro Pneumatics Sebagai Modul Pembelajaran Praktikum Kendali

  • Wendhi Yuniarto
Keywords: Programmable Logic Controller (PLC), Sensor Infrared, conveyor, air valve (electro pneumatics), motor DC

Abstract

Penguasaan  instrumentasi  industri,  khususnya  pneumatika,  sudah  menjadi sebuah tuntutan oleh sebagian industri yang berbasis otomasi selain penguasaan Programmable Logic Controller (PLC). Adapun instrumen pneumatics dapat diintegrasikan dengan sistem PLC melalui pengaturan air valve yang diatur secara elektris sehingga dinamakan electro pneumatics. Pengaturan elektris tersebut menggunakan piranti solenoid yang sudah terintegrasi dengan piranti pneumatics.

 

Penelitian ini menerapkan metode rotasi yaitu metode yang merotasi mekanik tertentu untuk meneruskan perjalanan produk ke conveyor selanjutnya. Penggunaan motor DC untuk menggerakkan conveyor setelah mendapat perintah dari PLC GLOVA GM7U, diintegrasikan dengan sensor infrared sebagai sensor untuk mensortir tinggi dari produk serta terhubung dengan air valve (electro pneumatics) untuk menggerakkan silinder pneumatic yang akan mendorong barang ke tempat yang disediakan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa System dimulai dari input, proses sampai output sudah dapat bekerja dengan  baik, komunikasi antara PC sebagai PLC controller tersinkronisasi dengan sensor infrared, motor DC untuk menggerakkan conveyor dan air valve.

 

Published
2020-09-21
Section
Articles